DPR Adem di Bawah Bamsoet

Tidak ada voting

DIPERCAYA memimpin DPR RI, politisi Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet ini mampu menarik wibawa lembaganya dari jurang ketidakpercayaan. Bamsoet mengakui untuk mengembalikan citra DPR di awal kepemimpinannya memang tidak mudah. Karenanya, sejak dilantik menjadi Ketua DPR RI pada 15 Januari 2018, ia terus melakukan berbagai gebrakan. Ia juga yakin citra DPR bisa diperbaiki melalui peningkatan kinerja.

Memang, Bamsoet mewarisi kepemimpinan DPR saat parlemen berada dalam kondisi terpuruk. Kinerjanya waktu itu terganggu, fungsi koordinasi dan kolaborasi antara anggota serta pemerintah juga tidak efektif. Akibatnya, sistem kontrol menjadi tidak jalan dan kinerja legislasi pun diam di tempat. Melihat kondisi itu, maka tugas pertama yang dilakukannya adalah mensolidkan kembali para anggota sehingga DPR bisa kembali kepada khitah-nya dalam menyelesaikan program legislasi, budgeting, dan
controlling terhadap pemerintah.

Caranya cukup sederhana. Sebagai langkah awal, beberapa minggu sejak dilantik menjadi Ketua DPR RI, legislator Partai Golkar ini langsung mengumpulkan para Pimpinan DPR, Fraksi, Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) untuk secara rutin mengadakan makan siang dan ngopi bareng. Pertemuan informal semacam ini rutin dilakukan di awal pekan.

Cara Bamsoet untuk kembali merapatkan anggota patut diapresiasi. Sebab, adakalanya untuk mengurangi ketegangan dan mencari jalan keluar dari situasi yang buntu, perlu sejenak untuk cooling down. Karena tidak semua hal bisa diselesaikan di
meja rapat. Pertemuan santai sambil makan siang dan ngopi bareng terbukti mampu mencairkan suasana. (Bambang Soesatyo: “Prakata DPR Adem di Bawah Bamsoet“, Selasa 10 September 2019)

 

 

 

Oleh:
Diposting pada:
Dilihat:106

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *